Makassar, Channel13tv | Telah beredar luas sebuah informasi akan adanya penyemprotan racun pada pukul 23.00 wib melalui udara untuk virus Corona COVID-19 dari Malaysia dan Singapura.

Informasi ini merupakan pesan berantai yang bersumber melalui Whatsapp.

“Pemberitahuan bahwasannya nanti mlm pada pukul 23.00 wib agar kita tidak ada yg keluar rumah, jika ada menjemur pakaian atau makanan segera diangkat dibawa masuk, karena mulai pukul 23.00 wib akan ada penyemprotan racun untuk virus corona dari Malaysia dan Singapore melalui udara, bila besok pagi hujan jangan keluar rumah dulu sampai hujan berhenti, mohon beritahukan kepada keluarga, sahabat atau tetangga bapak ibu sekalian. Terima kasih”

READ  Toddopuli Indonesia Dapat Amanah Awasi Mega Proyek Jenelata Gowa

Berdasarkan pernyataan, Panglima Angkatan Tentera Malaysia Jenderal Tan Sri Dato’ Sri Hj Affendi bin Buang TUDM dengan tegas membantah pesan tersebut dan merupakan hoax yang dirilis dari situs berita.rtm.gov.my:

“Panglima Angkatan Tentera Malaysia, Jenderal Tan Sri Affendi Buang menegaskan berita yang tular di media sosial itu adalah palsu. Walaupun tidak dinyatakan jenis helikopter milik pasukan perkhidmatan mana sama ada Tentera Darat, TUDM atau TLDM namun penggunaan perkataan tentera serta hebahan tidak benar boleh mencetuskan suasana panik. Orang ramai juga dinasihatkan tidak mudah terpengaruh dengan sebarang berita yang boleh mencetuskan kebimbangan.”

Selain itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Didi Kusmaryadi saat dimintai konfirmasi terkait info tersebut juga menegaskan informasi itu adalah hoax.

READ  Jaga Kebugaran, Polres Sinjai Gelar Senam AW S3 Setelah Apel Pagi

“Kalau yang ini pasti hoax ya,” tegas Didi melalui grup melalui WhatsApp Pers khusus isu corona. (**)