Belu NTT, Channel13tv | Komandan Yonif 742/SWY Letnan Kolonel Infanteri Bayu Sigit Dwi Untoro selaku Komandan Satgas Pengamanan Perbatasan RI – RDTL Sektor Timur pimpin langsung personel Mako Satgas Pamtas pembinaan fisik (Binsik) lari dengan titik star Mako Satgas Kelurahan Imanen Kecamatan Atambua Barat Kabupaten Belu NTT, Minggu (24/10/2021).

Adapun route lari star dari Mako Satgas – perempatan Puneru belok kiri dan finish di Lapangan Alun-alun Kota Atambua dengan jarak sekitar 8 km.

Usai melaksanakan lari, seluruh personel melaksanakan pembersihan di seputar lapangan Alun-alun Atambua dengan mengumpulkan sampah organik dan non organik ke dalam karung yang sudah disiapkan.

Disela-sela kegiatan tersebut, Dansatgas didampingi Wadansatgas Mayor Inf Aditya Nugraha menyampaikan pembinaan fisik ini rutin dilakukan setiap hari khususnya pagi hari baik di Mako maupun di seluruh pos-pos jajaran, sedangkan Binsik sore sebagai tambahan.

READ  Bhabinkamtibmas Polsek Sinjai Tengah dan Babinsa Ikut Serta Dalam Kerja Bakti di Desa Kanrung

Menurutnya, sebagai seorang Prajurit pembinaan fisik sudah seharusnya dilakukan untuk menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh sehingga kapanpun dibutuhkan siap untuk melaksanakan tugas terutama saat ini di wilayah perbatasan.

Seperti kita ketahui, sambung Bayu Sigit, tugas pokok Satgas Pamtas selain menjaga wilayah perbatasan juga melaksanakan pembinaan teritorial yang menyangkut sembilan komponen strategis dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Selain itu, pihaknya juga mendorong dan mengajak seluruh komponen masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan dan sekitarnya agar terlihat bersih, indah dan nyaman.

“Jika sudah demikian, maka yakinlah alam juga akan menjaga kita,” tutup pria hobby fitness tersebut. (**)