Sebatik, Channel13tv | Danguspurla Koarmada II Laksma TNI Rahmat Eko Raharjo selaku Dansatgasla memimpin acara Serah Terima Satgasmar Ambalat XXV kepada Satgasmar Ambalat XXVI di Pos Kotis Dusun Elo, Desa Tanjung Aru, Kecamatan Sebatik Timur, Kalimantan Utara, Jum’at (18/09/2020).

Dalam amanatnya, Rahmat-sapaan karib Danguspurla Koarmada II menyampaikan, “Wilayah Perbatasan sangat rawan terhadap berbagai tindak pelanggaran, baik pelanggaran kedaulatan ataupun kejahatan lintas negara. Seperti maraknya pencurian kekayaan sumber daya alam dan beragam kegiatan Ilegal lainnya. Untuk itu, guna mengantisipasi berbagai kemungkinan yang terjadi, Koarmada II sebagai kekuatan integral TNI Angkatan Laut yang wilayah kerjanya membawahi Ambalat melaksanakan operasi perbatasan sepanjang tahun dengan melibatkan unsur tempur laut, unsur udara dan pangkalan termasuk prajurit Marinir. Operasi ini ditujukan untuk menjamin tetap tegaknya kedaulatan dan hukum serta terjaganya keutuhan wilayah NKRI” terang Danguspurla

READ  Kegiatan Pembinaan Rohani Personil di Mesjid Nurul Jihad Mapolres Sinjai

Lebih lanjut Danguspurla menegaskan, bahwa Satgasmar Ambalat sebagai satuan tugas dibawah kendali taktis Danguspurla, dan kendali operasi dibawah Pangkoarmada II selaku Panglima Komando Tugas Gabungan Ambalat, saat ini berada dalam garda terdepan dalam menjaga kedaulatan negara. “Merupakan suatu kebanggaan dan kehormatan yang harus diemban dengan ikhlas dan penuh keseriusan, oleh karena itu dituntut sikap tanggap, tanggon dan trengginas.” Imbuh Danguspurla.

“Selaku Komandan Satgasla saya berpesan kepada prajurit Satgas untuk selalu memelihara solidaritas dan kerjasama yang baik dengan aparat samping. Adakan pendekatan dengan masyarakat serta hindari tindakan atau perilaku yang merugikan kepentingan negara dan bangsa. Dan yang tidak kalah penting laksanakan protokol kesehatan dengan selalu pakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan dan jaga kesehatan melalui pola hidup sehat dan bersih serta olahraga teratur, “ pungkas Rahmat. (Ezl)

READ  DPP KNPI Bersama Bamus Betawi Beri Nasi Box & Hand Sanitizer di Kampung Melayu

Sumber : Hdx/Pen2