Surabaya, Channel13tv | “Tidak ada prajurit yang hebat, hanya ada prajurit yang terlatih” inilah slogan yang selalu manancap di hati prajurit Koarmada II. Oleh sebab itu Kepala Dinas Penyelamatan Bawah Air (Kadislambair) Koarmada II Kolonel Laut (T) Eduard Simbolon mengasah keterampilan Scuba Diver prajurit KRI yang berdinas jajaran Satuan Kapal Eskorta (Satkor) Koarmada II, Kamis (03/092020).

Bertempat di diving tank Dislambair Koarmada II dan Kolam Basis Koarmada II, 44 orang personel Satkor Koarmada II mengikuti seluruh materi yang diberikan oleh para pelatih Scuba Diver dari Dislambair Koarmada II untuk me-refresh kembali materi menyelam yang pernah dipelajari sebelumnya.

Adapun materi yang disampaikan dalam pelaksanaan latihan yang digelar selama tiga hari tersebut diantaranya Water Trappen (kemampuan mengambang di air), cara membongkar – pasang alat SCUBA, Water Entry (cara masuk ke dalam air dengan benar dan aman), Jack Stay (menyelam dengan menyusuri tali).

READ  25 Perwira Kodiklatal Ikuti Pelatihan Konseling Psikologi Tenaga Pembimbing Dan Pengasuh Siswa TNI AL

Kadislambair menyampaikan “Tujuan diselenggarakannya latihan ini, selain untuk me-refresh kembali ilmu menyelam yang pernah didapat para prajurit sebelumnya, juga untuk mempersiapkan Tim Selam Terbatas KRI di jajaran Satkor Koarmada II guna mendukung tugas operasi nantinya”, pungkas Kolonel Eduard – sapaan karib Kadislambair Koarmada II.

“Kegiatan latihan Scuba Diver bagi prajurit Satkor ini sebagai upaya untuk meningkatkan profesionalisme prajurit jajaran Koarmada II, seperti yang telah ditekankan oleh Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto”, terang Kolonel Eduard. (Ezl).