Surabaya, Channel13tv | Untuk menindaklanjuti arahan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, S.I.P. dalam Rapat Pimpinan TNI secara virtual yang membahas tentang pelaksanaan Instruksi Presiden No 6 tahun 2020 beberapa waktu lalu, Gubernur Akademi Angkatan Laut (AAL) Laksda TNI Edi Sucipto, S.E.,M.,M. menyosialisasikan Inpres tersebut dalam Apel Khusus yang digelar di Lapangan Banda, Kesatrian AL Bumimoro, Surabaya, Senin (10/08/2020).

Tampak hadir dalam apel khusus sosialisasi Inpres tentang peningkatan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan dalam pencegahan dan pengendalian corona virus ini antara lain Wagub AAL BrigjenTNI (Mar) Endi Supardi, S.E., Selem AAL, para Pejabat Utama, seluruh personel dan seluruh Taruna AAL.

Gubernur AAL memandang perlu digelarnya apel khusus tentang sosialisasi Inpres No 6 tahun 2020 ini, terlebih di tengah pandemi Covid 19 yang sampai saat ini belum mereda, bahkan terus menunjukkan tingkat penularan yang cukup tinggi di masyarakat.

READ  Cegah Covid-19, Kapolres Sinjai Timur dan Anggota Bagi Masker Ke Pengendara Motor

Dengan dikeluarkannya Inpres ini, membuktikan bahwa upaya keseriusan pemerintah untuk bersama-sama menanggulangi pandemi Covid 19. Dalam Inpres tersebut ada perintah kepada beberapa lembaga di Indonesia salah satunya adalah Panglima TNI

Di dalam paragraf tersebut terang Gubernbur AAL, Panglima TNI diberikan perintah untuk memberikan dukungan kepada pemerintah daerah dengan mengerahkan kekuatan untuk melakukan pengawasan dan pelaksanaan protokol kesehatan di masyarakat.

Kemudian bersama Polri dan instansi lain secara terpadu dengan pemerintah daerah menggiatkan patroli penerapan protokol kesehatan di masyarakat. Dan melakukan pembinaan masyarakat untuk berpartisipasi dalam upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Sebagai lembaga pendidikan yang mendidik calon pemimpin Angkatan Laut, mendidik calon perwira lanjutnya, harus menjadi panutan tanpa terkecuali dari Gubernur sampai dengan PNS yang kerja di sini bertanggung jawab tentang protokol kesehatan dengan bermasker, sering cuci tangan, sosial dan phisycal distancing.

READ  Spotmar Koarmada II, Laksanakan Baksos Penanggulangan Penyebaran Covid-19

“Ingat, virus ini tidak mengenal status sosial, semua berpotensi terpapar, oleh karena itu butuh komitmen kuat pbersama, bukan hanya kita namun seluruh masyarakat dunia melihat penularannya yang tidak berhenti ini karena ada yang kurang disiplin, oleh karena itu saya tidak ingin yang tidak disiplin itu datang dari Akademi Angkatan Laut,” pinta Gubernur AAL.
.
Ia juga memerintahkan untuk menyiapkan personel AAL dalam Satgas Penanggulangan Covid-19 yang telah dibentuk beberapa waktu lalu, untuk dapat diperbantukan dan bergabung dengan Satgas yang dibentuk pemerintah daerah dalam melaksakan Inpres No 6 tahun 2020 ini. (Ezl)