Sergai, Channel13tv | Guna mengantisipasi Virus Corona (Covid-19) menjelang perayaan Cheng Beng, Kapolres Serdang Bedagai (Sergai) melakukan sosialisasi maklumat Kapolri terkait pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19). Hal itu dilakukan sebagai upaya menekan penyebaran pandemi ini.

Kapolres Sergai AKBP Robin Simatupang SH, MHum dalam arahannya mengatakan saat ini seluruh dunia termasuk Indonesia sedang menghadapi masalah virus corona yang mana tidak mengenal suku, agama, ras dan antar golongan.

“Tujuan maklumat itu bukan untuk menekan masyarakat, tapi justru untuk menyelamatkan masyarakat dalam hal penyebaran virus Corona atau Covid 19,” Himbau AKBP Robin saat menyampaikan Maklumat Kapolri, pada Selasa (24/03/2020) di rumah dinas Kapolres Sergai.

READ  Lsm Kompleks Kembali Mengajukan Sengketa Publik Ke KIP Sulsel

Mantan Kapolres Batu Bara ini meminta kepada seluruh tokoh masyarakat tionghoa Kabupaten Serdang Bedagai dalam pelaksanaan Cheng Beng atau sembahyang kubur yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat, agar dilaksanakan di rumah masing-masing guna mengurangi penyebaran virus corona.

“Mari sama-sama kita membantu protokol kesehatan dan pemerintah dengan memperkecil ruang gerak kita saat ini karena wabah corona yang mematikan,” ucap AKBP Robin.

Dikatakannya, dalam hal menanggulangi penyebaran virus corona bila dilakukan sebagian-sebagian tidak akan tuntas dan penyebaran virus tersebut akan terus bertambah.

Untuk menghindari intoleransi antar umat beragama, Kapolres Sergai menegaskan kepada tokoh masyarakat tionghoa Kabupaten Serdang Bedagai untuk melakukan sembahyang kubur atau
Cheng Beng di rumah dan tidak membuat perkumpulan massa yang melibatkan banyak orang dalam upaya pencegahan virus corona.

READ  Puncak HKN Ke-56 di Enrekang, Sederhana dan Bermakna

“Polri dan Pemerintah juga telah menghimbau kepada seluruh umat beragama yang lain untuk tidak melakukan ataupun berkumpul dengan melibatkan jumlah massa yang banyak, guna menghindari penyebaran virus Corona atau Covid-19 di Kabupaten Serdang Bedagai,”ungkapnya.

Dalam kegiatan tersebut, Kapolres Sergai didampingi Waka Polres Sergai Kompol Gunawan Hery Sudarto, Kabag Ops Kompol Sofyan SH dan para PJU Polres Sergai untuk Pembagian Masker kepada Tokoh Masyarakat Tionghoa Kabupaten Sergai.

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Ketua Inti Serdang Bedagai, Budi SE, Pembina Perhimpunan Sehati Pantai Cermin, Kim Kian Seng, Ketua Yayasan Muara Sutra Sergai, Andi Cokro, Tokoh Masyarakat Tionghoa Teluk Mengkudu,Yustin, Tokoh Masyarakat Tionghoa Kabupaten Sergai, Budi Wistan, Tokoh Masyarakat Tionghoa Dolok Masihul, Acin dan seluruh tokoh masyarakat Tionghoa Kabupaten Sergai. (**)

READ  PC PMII Persiapan Pasaman Barat Minta Seluruh Kampus Tangguhkan SPP Dimasa Wabah Covid-19