Sidoarjo, Channel13tv | Prajurit TNI Angkatan Laut strata tamtama bertambah 1.000 personil setelah Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI Nurhidayat melantik dan mengambil sumpah 1.000 Prajurit TNI AL dalam program Pendidikan Pertama Tamtama Prajurit Karier (Dikmata PK) Angkatan ke-40 Gelombang 1 TA 2020 yang dilaksanakan di Lapangan Kawah Candradimuka Pusat Latihan Dasar Kemiliteran (Puslatdiksarmil) Kodiklatal Juanda Sidoarjo, Jumat (14/08/2020).

Hadir dalam pelantikan dan penyumpahan tersebut pejabat Utama Kodiklatal diantaranya Wadan Kodiklatal, para Direktur, Komandan Kodik dan Pusdik dijajaran Kodiklatal. Selain itu hadir pula Inspektur Kodiklatal, Kepala Keuangan Wilayah (Kakuwil) Kodiklatal serta perwakilan pejabat dari Puspenerbal, Pasmar 2 dan Lanudal Juanda .

Setelah pengambilan sumpah dan pelantikan, para Tamtama baru tersebut selanjutnya akan melanjutkan pendidikan Dasar Golongan dan Kejuruan di tiga Komando Pendidikan (Kodik)di bawah Kodiklatal yakni Kodikopsla, Kodikdukum dan Kodikmar.

READ  Polda Riau Buka Call Center Layanan Online Informasi dan Pengaduan Narkoba

Komando Pendidikan Operasi Laut (Kodikopsla) yang berlokasi di Ujung, Surabaya akan dididik 390 siswa dengan Kejuruan Navigasi dan Bahari, kejuruan Isyarat dan Telegrafis, kejuruan meriam dan amonisi, serta Kejuruan Senjata Bawah Air, yang kesemuanya akan menempuh pendidikan di Pusdikpel. Sementara Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) yang berlokasi di Gunungsari akan mendidik 300 siswa kejuruan Marinir.

Sedangkan Komando Pendidikan Dukungan Umum (Kodikdukum) yang berlokasi di Bumimoro mendidik 310 siswa Kejuruan Mesin, Listrik dan Angkutan yang akan menempuh pendidikan di Pusat Pendidikan Teknik (Pusdiktek), kejuruan Tata Usaha, Keuangan, Perbekalan, tata Graha, Jasmani dan Kejuruan Musik menempuh pendidikan di Pusat Pendidikan Bantuan Administrasi (Pusdikbanmin)

READ  Dua Kapal Perang TNI AL Jajaran Koarmada II, Sandar Di Lanal Mamuju

Kejuruan lainya adalah elektronik akan menempuh pendidikan di Pusat Pendidikan Elektro (Pusdiklek), kejuruan kesehatan menempuh pendidikan di Pusat Pendidikan Kesehatan (Pusdikkes) dan kejuruan Polisi Militer menempuh pendidikan di Pusat Pendidikan Polisi Militer (Pusdikpomal) .

Dalam sambutanya Komandan Kodiklatal Laksda TNI Nurhidayat selaku komandan Kodiklatal mengucapkan selamat atas keberhasilan para siswa dalam menyelesaikan pendidikan dasar keprajuritan dan dasar golongan di Puslatdiksarmil selama 5 bulan, sehingga pada hari ini secara resmi para siswa berhak mengikuti pelantikan sekaligus penyumpahan Tamtama TNI AL dengan pangkat Kelasi Dua dan Prajurit Dua.

Dankodiklatal berharap bahwa pendidikan di Puslatdiksarmil ini dapat mengubah para siswa yang semula berasal dari masyarakat sipil menjadi prajurit TNI AL yang berkarakter militer seutuhnya, yaitu memiliki kesamaptaan jasmani yang prima, kejuangan yang andal, serta kemampuan akademis bidang kemiliteran yang memadai untuk mengubah pola pikir, pola sikap dan pola tindak para siswa yang berasal dari masyarakat umum serta siap dikembangkan dalam pendidikan tahap dasar golongan lanjutan di pusdik-pusdik terkait sesuai korps masing-masing.

READ  Dewan Pers Dikasuskan, akibat diduga Fitnah Wartawan dan Organisasi Pers

Dalam upacara Pelantikan dan pengambilan sumpah tersebut juga dilaksanakan demo ketangkasan prajurit antara lain bongkar pasang senjata, beladiri militer, senam balok, senam perahu karet dan ditutup dengan defile. (Ezl)