Surabaya, Channel13tv | Civitas Akademika STTAL untuk membekali dan melatih mahasiswa Prodi D-3 STTAL TA. 2020, agar memiliki kemampuan, ketrampilan dan kecakapan serta pengalaman  dengan percobaan dan  penelitian  secara  laboratoris, sehingga didapatkan pemikiran lengkap dari materi perkuliahan yang telah diberikan di bangku kuliah, melaksanakan kegiatan Praktek Kerja Lapangan yang disampaikan oleh Instruktur Letkol Laut (T) Ayip Rivai Prabowo, S.T., M.T. (Kaprodi D-3 Teknik Mesin STTAL) selama satu minggu di Laboratorium Terpadu Pulau Dana Kampus STTAL jl. Bumimoro, Morokrembangan, Surabaya Jawa Timur, Senin ( 20/07/2020).

Dengan selesainya melaksanakan Praktek Kerja Lapangan ini, para mahasiswa diharapkan mampu memperoleh pengalaman, mengerti dan memahami tentang materi yang didapatkan sehingga dapat menerapkan ilmunya dalam kehidupan sehari hari serta dalam kedinasan dan mendorong para mahasiswa untuk menganalisa bagaimana hubungan praktek di lapangan dengan pengetahuan teori yang didapat saat kuliah serta dapat menggambarkan dan mempraktekkannya ilmu yang didapat dengan tepat, baik dan benar.

READ  GKSB DPR RI Kutuk Aneksasi Israel di Tepi Barat

Praktek Kerja Lapangan Prodi D-3 Teknik Mesin Angkatan XIII yakni tentang Teknik Motor Bakar dengan pembahasan Materi antara lain: Bongkar dan pengecekan komponen-komponen, Penyetelan klep (inlet dan outlet), Penyetelan injector dan pompa injector, Pengukuran piston dan silinder linner, Perawatan sistim pendingin dan sistem bahan bakar, pelumas serta Pasang dan percobaan.

Sedangkan untuk Prodi D-3 Teknik Mesin Angkatan XIV melaksanakan Praktek Kerja Lapangan tentang Teknik Mesin Listrik, yang dengan harapan selesai melaksanakan Latihan Praktek ini, para Mahasiswa mampu memahami karakteristik motor shunt, compon, seri, karakteristik generator shunt, compon, seri, bisa melaksanakan pengukuran  tahanan isolasi, meger, identifikasi kerusakan motor, generator, perbaikan lilitan, sinkron generator dan motor. Dengan pembahasan Materi Latihan Prakteknya yakni: Motor 1 phase AC, Motor 3 phase AC, Motor DC, Generator AC, Generator DC, Sinkron generator dan motor, Tahanan Isolasi dan Menggulung lilitan 1 layer serta Menggulung lilitan 2 layer.

READ  Aspers Pangkoarmada II Piimpin Rapat Sambut Hari Raya Idul Adha 1441 H/2020M

Serta Prodi D-3 Teknik Mesin Angkatan XV melaksanakan Praktek Kerja Lapangan tentang Teknik Pengelasan dengan Materi Latihan Prakteknya antara lain:  Pengenalan Perlengkapan pengelasan, Pengelasan SMAW Bidang Horisontal, Memeriksa dan Memperbaiki Hasil Pengelasan, Pengelasan dengan tipe sambungan tumpul (Butt Joint), Pengelasan dengan tipe sambungan T (Tee Joint), Pengelasan dengan tipe sambungan Sudut, Pengelasan dengan tipe sambungan Tumpang, Menganalisa Hasil dari pengelasan dengan berbagai macam sambungan.

Komandan STTAL Laksamana Pertama TNI Dr. Ir. Avando Bastari, M.Phil. menyampaikan dan menekankan agar  dalam pelaksanaan latihan praktek kerja lapangan ini tetap berpedoman pada peraturan/petunjuk dan instruksi yang berlaku maupun yang ditentukan dengan tetap mengutamakan keamanan dalam melaksanakan setiap kegiatan serta wajib melaksanakan protokol kesehatan Covid-19. (**)

READ  Polres Sinjai Ungkap Dugaan Tindak Pidana Narkotika Secara Live Streaming

Sumber : Penerangan STTAL.