Surabaya, Channel13tv | Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan menghadiri acara penyerahan instalasi Fitted For But Not With (FFBNW) peralatan Sewaco (Sensor, Weapon and Command) KRI I Gusti Ngurah Rai (GNR-332), dari Kementerian Pertahanan RI kepada TNI AL bertempat di Dok Semarang PT. PAL (Persero), Surabaya, Selasa (03/11/2020).

Kegiatan Instalas FFBNW peralatan sewaco pada KRI GNR-332, merupakan kegiatan untuk melengkapi sistem sewaco yaitu peralatan persenjataan kapal beserta sistem pendukungnya agar siap dioperasikan sesuai fungsi asasinya sebagai kapal kombatan, sehingga segera dapat menunjang operasi TNI AL.

Dalam sambutannya Kabaranahan Kemhan yang diwakili oleh Kapuskod Kemhan Laksma TNI Yos Sumiarsa mengatakan, bahwa dalam pekerjaan FFBNW ini peralatan sewaco di-instal oleh perusahaan pelaksanan yakni Damen Schelde Naval Shipbuilding (DSNS) dari Belanda, antara lain peralatan Electronic Warfare, Close in Weapon System 35 mm, SSM, SAM dan Torpedo Launching System.

READ  KRI Sultan Hasanuddin-366 Ikuti Farewell Kapal Brazil BRS Independencia F-44

Terpisah, Aslog Kasal Laksma TNI Puguh Santoso berharap KRI I Gusti Ngurah Rai dapat melaksanakan tugas operasi sesuai fungsinya dalam menjaga kedaulatan negara khususnya wilayah laut NKRI.

Sementara Pangkoarmada II Laksda TNI I N.G. Sudihartawan berharap dengan diserahterimakannya kembali KRI GNR-332 setelah dilaksanakan FFBNW ini akan menambah kekuatan kapal perang canggih di Koarmada II. “ Dengan peralatan sewaco yang lebih lengkap dan modern, diharapkan KRI Gusti Ngurah Rai akan menambah kekuatan Koarmada II dalam menjaga kedaulatan NKRI, sekaligus sebagai aplikasi dari program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono di bidang Modernisasi KRI, Pesud dan Matpur menuju kekuatan yang siap dioperasikan (ORF), “ tandas Laksda Sudihartawan. (Ezl)

READ  Makna Idul Adha dan Hakikat Qurban Dimata Kabaharkam Polri

Sumber : Pen2