spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Polres Payahkumbuh Uji Coba “SPKT Mobile”

Payakumbuh, Channel13tv | Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, Polres Payakumbuh uji coba inovasi bidang pelayanan publik yang diberi nama “SPKT Mobile” (Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu Mobile) di Medan Nan Bapaneh Ngalau Indah, Kota Payakumbuh, pada Sabtu malam (21/12) dan Minggu pagi (22/12/2019).

Tampil perdana di pusat keramaian masyarakat Ngalauh Indah, SPKT Mobile menyediakan jenis pelayanan penerbitan pengaduan atau Laporan Polisi, Laporan Kehilangan, Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) ditambah dengan layanan pemeriksaan kesehatan gratis.

Layanan SPKT Mobile ini diselenggarakan dengan memanfaatkan mobil gerai Binmas dengan perangkat pendukung lainnya seperti laptop dan printer serta akses internet. Sementara bakti kesehatan menggunakan sarana mobil ambulance milik klinik Polres Payakumbuh.

Uji coba inovasi ini dihadiri oleh Wakapolres Payakumbuh Kompol Arie Sulistyo Nugroho, S.I.K., M.H. bersama Kabag Sumda Kompol Russirwan, S.H., Kasat Binmas AKP Hikmah, Kasat Intelkam IPTU Luhur Fachri, Kanit Tipiter IPDA Fika Putri, Kanit SPKT IPDA Lucky Wilson, Paur Kes IPDA Arsadi dan Kanit Binkamsa IPDA Yusef bersama operator pelayanan publik.

See also  Deli Serdang Raih Penghargaan Tertinggi TOP 45 Inovasi Pelayan Publik

Sebelum menggelar layanan ini, Polres Payakumbuh terlebih dahulu memberikan pengumuman melalui akun Instagram Polres Payakumbuh terkait jenis layanan, lokasi dan waktu layanan agar masyarakat dapat secara luas mengetahuinya.

Layanan SPKT Mobile ini memberikan akses yang seluas-luasnya bagi masyarakat yang tidak mempunyai waktu untuk datang ke Kantor Polres. Sambil menyesuaikan waktu atau santai bersama keluarga masyarakat dapat memanfaatkan layanana Polres Payakumbuh.

Kasat Intelkam Polres Payakumbuh IPTU Luhur Fachri mengatakan bahwa dalam uji coba inovasi ini, SPKT Mobile telah melayani 5 orang penerbitan SKCK dan 52 orang warga cek kesehatan gratis, sedangkan untuk pengaduan atau laporan polisi dan laporan kehilangan belum ada. “Memang masih banyak kekurangan-kekurangan saat uji coba layanan ini, tapi kami akan tingkatkan lagi. Meski demikian, Alhamdulillah, masyarakat cukup antusias dan merasa sangat terbantu dengan adanya layanan ini“, ujar Luhur Fachri.

See also  PCM Benteng Jadikan Pantai Balendongan Sebagai Lokasi Gathering

Kapolres Payakumbuh AKBP Dony Setiawan S.I.K.,M.H. mengungkapkan bahwa dirinya ingin mengulang kembali kesuksesan inovasi SPKT Mobile yang sebelumnya pernah ia prakarsasi di Polres Solok Kota. AKBP Dony menjelaskan bahwa saat inovasi ini diterapkan di Solok Kota, SPKT Mobile telah banyak mendapat apresiasi dari masyarakat, banyak masyarakat yang merasa terbantu, khususnya masyarakat yang tidak mempunyai waktu untuk mengikuti layanan di jam-jam kerja atau sekolah. Inovasi ini telah merubah wajah pelayanan Polres menjadi lebih berkualitas dan menambah kepercayaan masyarakat kepada Polri.

“Karena inovasi ini baru dimulai, masih banyak yang harus disesuaikan. Kami akan kembangkan lagi inovasi ini dengan tambahan sarana prasarana pendukung, inovasi tambahan lainnya, keterlibatan stakeholder serta tambahan layanan lain seperti penerbitan SIM dengan mobil SIM Keliling dan layanan Samsat berupa pembayaran pajak kendaraan. Meski baru diterapkan, saya tetap optimis, inovasi ini akan mendapat tempat di hati masyarakat Kota Payakumbuh dan 50 Kota, karena pada prinsipnya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, kami harus berpikir sebagai pelayan, menghantarkan layanan kepada masyarakat dan wajib berorientasi pada kebutuhan masyarakat“, tambah Dony. (**)

See also  Bupati Gowa Keluarkan Surat Edaran Perihal Tindak Lanjut Pencegahan Penularan Covid-19 di Kabupaten Gowa

Get in Touch

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Related Articles

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Get in Touch

22,880FansLike
3,755FollowersFollow
20,700SubscribersSubscribe

Latest Posts