Papua Barat, Channel13tv | Masih dalam rangkaian memeringati HUT ke-75 Republik Indonesia, prajurit Komando Armada III bersama sejumlah prajurit TNI dan Polri lainnya, Pemerintah Daerah, Tokoh Masyarakat dan mahasiswa yang ada di wilayah Kota dan Kabupaten Sorong melaksanakan pengibaran Bendera Merah Putih sebanyak 2045, di atas Bukit Ado Mama, Kelurahan Klabulu, Distrik Malaimsimsa, Kota Sorong, Papua Barat, kemarin.

Selain pengibaran Bendera Merah Putih, para prajurit TNI dan Polri serta sejumlah elemen masyarakat lainnya juga melakukan penanaman aneka jenis tanaman sebanyak 2045 pohon, di bukit yang memiliki ketinggian sekitar 500 meter di atas permukaan laut. Panglima Koarmada III Laksda TNI Dadi Hartanto, M.Tr. (Han) yang diwakili Kepala Staf Koarmada III Laksma TNI Maman Firmansyah, Danrem 181/PVT Brigjen TNI Yulius Selvanus serta pejabat Forkopimda Kota dan Kabupaten Sorong hadir pada kegiatan ini dalam rangka memmeringati HUT ke-75 RI tahun 2020.

See also  Satkopaska Koarmada III Latihan Spionase dan Sabotase Tetap Terapkan Protokol Kesehatan

pengibaran Bendera Merah Putih secara serentak ini bukan semata-mata kegiatan seremonial belaka, melainkan juga merupakan salah satu bentuk penghormatan sebagai warga negara, kepada para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga demi meraih kemerdekaan untuk Indonesia.

Sementara itu, penanaman pohon serentak ini dilaksanakan secara nyata dalam menangani krisis lingkungan. Berkurangnya habitat tumbuh-tumbuhan, merupakan salah satu penyebab terjadinya bencana alam seperti banjir dan tanah longsor di Kota Sorong, yang disebabkan oleh pesatnya pembangunan dan kebutuhan manusia akan tempat tinggal. (Ezl)

Sumber : Kadispen Koarmada III Kolonel Laut Drs. Abdul Kadir, M.A.P.