Turki, Channel13tv | KRI Hasanuddin (SHN-366) kapal kelas Sigma dari jajaran Satuan Kapal Eskorta Koarmada II yang sedang melaksanakan Satgas MTF TNI Konga XXVIII-L/UNIFIL, sandar di Mersin Turki dengan disambut oleh Atase Pertahanan RI untuk Turki Kolonel Inf Syaiful Thalib didampingi Asisten Atase Pertahanan Mayor Laut (S) Eko Edward dan Liaison Officer (LO) Angkatan Laut Turki LCDR Mustafa Ipek pada Senin (03/08/2020).

Menurut rencana KRI Sultan Hasanuddin-366, yang di Komandoi Letkol Laut (P) Ludfy sandar di Mersin Turki dari tanggal 3 Agustus sampai dengan 6 Agustus 2020, dalam rangka misi perdamaian PBB di perairan Lebanon.

Dalam sambutannya Liaison Officer Angkatan Laut Turki LCDR Mustafa Ipek dan pihak keamanan setempat menyampaikan beberapa aturan-aturan dan tata tertib selama sandar di Mersin terutama dalam situasi pandemi ini, agar protokol kesehatan tetap diberlakukan untuk mencegah dan mengantisipasi penyebaran Covid-19.

READ  Sigap, Babinsa Pos Ramil Langap Padamkan Kebakaran Hutan Dengan Alat Seadanya

Sementara itu Ludfy-sapaan karib Dansatgas MTF TNI Konga XXVIII-L/UNIFIL menyampaikan ucapan terimakasih yang sedalam-dalamnya atas sambutan hangat Atase Pertahanan dan pihak keamanan Turki, ” Selama di Turki KRI Sultan Hasanuddin-366 akan melaksanakan bekal ulang spare part kapal, maupun logistik, serta pemeliharaan rutin sebelum kembali melaksanakan tugas perdamaian, ” ujarnya.

Di sisi lain Ludfy juga menambahkan jika selama melaksanakan Satgas, sudah mendapat begitu banyak mendapat arahan dan bimbingan dari Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, agar KRI Sultan Hasanuddin bersama Satgas MTF TNI Konga XXVIII-L/UNIFIL mampu memberi kontribusi maksimal dalam misi perdamaian PBB di perairan Lebanon. Karena Kegiatan satgas ini merupakan wujud dari peran Diplomasi TNI AL di dunia. (Ezl)

READ  Dandim 0910/Malinau Tinjau Lokasi Sasaran TMMD ke-109 Wilayahan Perbatasan Tahun 2020

Sumber : Hdx/Pen2