Channel13tv, Selayar | Sebanyak 70 orang warga binaan pemasyarakatan (WBP) Rumah Tahanan Negara (Rutan) Kelas IIB Selayar menjalani vaksinasi Covid-19 tahap kedua, Sabtu (07/08/2021).

Kegiatan vaksinasi ini dilaksanakan di ruang kunjungan Rutan Selayar atas kerjasama dengan Puskesmas Benteng. Selain warga binaan, kegiatan ini juga diikuti oleh 2 orang pegawai rutan serta masyarakat luar.

Pelaksanaan vaksinasi diawali dengan proses pendaftaran dan screening awal untuk mendapatkan informasi kesehatan dari para warga binaan. Kemudian dilanjutkan dengan penyuntikan vaksin Covid-19. Setelah itu, penerima vaksin diobservasi selama 30 menit untuk memantau kondisinya, apakah terdapat reaksi alergi atau tidak. Jika terdapat reaksi alergi seperti mual, sakit kepala, atau pusing baik ringan maupun berat, penerima vaksin harus melaporkan ke petugas kesehatan untuk diperiksa lebih lanjut.

READ  Briptu Ihsan Baharuddin Sosialisasikan Maklumat Kapolri Ke Warga Binaannya

Jenis vaksin yang digunakan pada kegiatan vaksinasi ini merupakan vaksin Sinovac. Vaksin yang digunakan merupakan multi-dose sehingga harus dilakukan dua tahap. Tahap pertama telah dilakukan pada 10 Juli lalu dan hari ini merupakan tahap kedua. Hal ini dilakukan agar efek yang diberikan dari vaksin dapat lebih optimal.

Kepala Rutan Selayar, Nana Herdiana mengungkapkan bahwa vaksinasi ini merupakan program pemerintah yang sangat baik, olehnya itu kita semua harus menyukseskan program tersebut. Sehingga diharapkan seluruh warga binaan dapat memiliki kekebalan terhadap virus Covid-19 dan nantinya pandemi dapat segera berakhir.

“ Saya sangat bersyukur seluruh warga binaan telah mendapatkan vaksin covid-19 ini. Sehingga diharapkan warga binaan tidak mudah terjangkit virus covid-19 dan pandemi dapat segera berakhir. “ ujar Nana. (**)