Tolitoli, Channel13tv | Memasuki era normal baru (new normal) dalam rangka menanggulangi pandemi Covid-19, Komandan Lantamal VIII Manado Brigadir Jenderal TNI (Mar) Donar Philip Rompas meresmikan Kampung Tangguh Ketahanan Pangan di desa Ginunggung Dusun kota Nibangun Kecamatan Galang kabupaten Tolitoli, Sabtu (18/07/2020).

Peresmian kampung tangguh yang berada di wilayah kerja Lanal Tolitoli ini, ditandai dengan penanaman rumput laut secara simbolis oleh Danlantamal.

” Pembentukan kampung tangguh merupakan salah satu tugas TNI AL dalam melaksanakan pembinaan dan pemberdayaan wilayah pertahanan laut, yang diarahkan untuk menggali dan memberdayakan potensi masyarakat desa maritim menjadi potensi pertahanan, serta menciptakan kondisi yang kondusif guna mendukung rencana pembangunan nasional, ” terang Brigjen Donar Philip saat memberikan sambutan.

READ  Wadan STTAL Hadiri Sosialisasi Zona Integritas dan Pelatihan Reformasi Birokrasi Bidang Tata Laksana

Saat ini menurut Donar, hal tersebut diimplementasikan oleh Lantamal VIII melalui kegiatan penanaman bibit rumput laut, penaburan benih ikan dan pencanangan kampung tangguh ketahanan pangan di masa pandemi covid-19 dan menuju era new normal.

Ia juga menambahkan jika pelaksanaan kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari himbauan Pangkoarmada II Laksda TNI Heru Kusmanto, kepada jajaran dibawahnya untuk mendukung penuh pemerintah daerah dalam menghadapi dampak Covid-19.

Ditempat yang sama, Danlanal Tolitoli Letkol Laut (P) Bayu Dwi Wicaksono, menyampaikan Bahwa Desa Ginunggung Kecamatan Galang menjadi salah satu desa binaan dan potensi maritim budi daya rumput laut oleh Lanal Tolitoli.

“Desa Ginunggung menjadi salah satu contoh Desa potensi maritim dalam melakukan penanaman rumput laut, hal ini dilakukan untuk menjaga ketahanan pangan selama masa pandemi Covid-19,” pungkas Bayu. (Ezl)

READ  Ramadhan ke 15, Polsek Kebon Jeruk Distrubusikan Bantuan Kemanusiaan Bhayangkari Polres Metro Jakarta Barat

Sumber : Sgt/Pen2