spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Lingkungan Sosial sebagai Motivasi Berprestasi Peserta Didik

Parepare, Channel13tv | Lingkungan sosial adalah tempat berlangsungnya aktivitas sehari-hari. Lingkungan sosial menjadi faktor penentu terjadinya perubahan perilaku yang terjadi pada setiap individu atau kelompok. Lingkungan keluarga, teman sebaya dan lingkungan tempat mereka tinggal membentuk perilaku setiap individu. Selain itu lingkungan sosial juga memainkan peran penting sebagai faktor motivasi dalam prestasi peserta didik.

Lingkungan sosial yang mendukung dan positif tentunya dapat memberikan motivasi yang kuat bagi peserta didik. Ketika mereka dikelilingi oleh teman sebaya, guru, dan keluarga yang mendukung, mereka merasa dihargai dan didorong untuk mencapai prestasi yang lebih tinggi. Namun jika peserta didik tidak mendapatkan dukungan sosial yang memadai dari teman sebaya, guru, dan keluarga justru mereka akan merasa kurang termotivasi untuk mencapai tujuan akademik atau mengembangkan potensi mereka.

See also  Pemerintah Pertimbangkan Penyempurnaan Upah Minimum Pada PP 36 Tahun 2021

Lingkungan sosial yang kaya dengan peran model yang positif dapat juga menjadi sumber motivasi yang besar bagi peserta didik. Ketika mereka melihat orang-orang di sekitar mereka berhasil dan berprestasi, mereka cenderung termotivasi untuk meniru dan mencapai kesuksesan serupa atau bahkan lebih. Ketika peserta didik tidak memiliki contoh yang baik dalam lingkungan sosial mereka, seperti orang dewasa atau rekan sebaya yang sukses dan termotivasi, mereka mungkin akan kesulitan menemukan inspirasi atau motivasi untuk mencapai tujuan mereka sendiri.

Selain itu lingkungan sosial juga dapat memberikan peserta didik pemahaman yang lebih baik tentang dampak sosial dari prestasi mereka. Ketika mereka menyadari bahwa kesuksesan individu mereka dapat berdampak positif pada masyarakat atau lingkungan sekitar, motivasi mereka untuk berprestasi akan meningkat.

See also  Kasad Pimpin Acara Penyerahan Tugas dan Jabatan Wakasad

Namun, perlu diingat bahwa prestasi peserta didik tidak tanya dipengaruhi oleh lingkungan sosial, namun juga beberapa beberapa aspek lainnya. Namun, dalam hal ini penulis berfokus pada lingkungan sosial yang merupakan aspek yang paling banyak memberikan pengaruh kepada peserta didik mengingat bahwa lingkungan sosial peserta didik merupakan tempat yang menjadi tempat tumbuh kembang dan berinteraksi. Oleh karena itu, penting untuk menciptakan lingkungan sosial yang inklusif dan mendukung, yang memperhatikan kebutuhan dan perbedaan individu untuk memaksimalkan motivasi mereka.

Penulis : Asruni Riantini
Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam IAIN Parepare

Get in Touch

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Related Articles

spot_imgspot_imgspot_imgspot_img

Get in Touch

22,880FansLike
3,913FollowersFollow
21,800SubscribersSubscribe

Latest Posts